Notification

×

Iklan

Iklan

Yonatan Nandar Youtuber sekaligus Pengacara yang aktif sebagai Debaters Islam di YouTube dan TikTok

Senin, 07 Oktober 2024 | Oktober 07, 2024 WIB Last Updated 2024-10-09T04:12:28Z
Banyumas24jam - dalam dunia online terutama YouTube dan TikTok selalu ramai dengan perdebatan lintas agama, terutama debat islam dan kristen.

Masing-masing dari mereka selalu berdebat aktif, tema yang selalu mereka perdebatkan adalah tentang ketuhanan Yesus.

Salah satu Debater Muslim yang sangat sering berdebat di YouTube dan TikTok adalah Yonatan Nandar. Nandar sapaannya aktif di Youtube sejak tahun 2020.

Dengan subscriber YouTube lebih dari 400 ribu pengikut, menjadikan Yonatan Nandar cukup populer, baik dikalangan islam maupun kristen.

Hampir setiap hari, nandar selalu melakukan debat secara online dan live baik di TikTok atau YouTube. Yonatan nandar dikenal mampu menguasai bahasa Arab, Ibrani dan Yunani.

Walaupun pekerjaan utama adalah sebagai pengacara, tetapi yonatan nandar tetap aktif di dunai debat islam dan kristen.

Lawan Debat atau Debbater kristen yang melawan Yonatan Nandar cukup banyak, karena bergonta-ganti lawan. Tapi ada beberapa lawan debat Yonatan Nandar yang juga cukup Populer di dunia debat lintas agama secara online.

Nama-nama seperti Rudi Yohannes, Saefudin Ibrahim, Paul Zhang, Rudi Simamora, Mendiang Uthi Wathimena, Sofiatul, pak bombom, mikhana, Edis winar, icha, M kacce, ibnu kalam, Deki Ngadas, Moriwali Yanto matalu dll merupakan nama-nama yang cukup populer di dunia debat online.

Dengan nama debat Evangelis Yonatan Nandar, dia selalu menantang debat para Aphologet dan pendeta.

Berbeda dengan Dondy Tan, Yonatan Nandar lebih suka berdebat di dunia maya. Nandar mengatakan, hujatan di dunia maya sangat banyak dan terbilang cukup masif. Jadi nandar lebih aktif berbedat di dunia maya.

Berawal dari SMA di tahun 2009, yonatan nandar yang cukup aktif di Facebook, melihat banyak hujatan-hujatan ke islam oleh non islam. Dengan melihat itu, Nandar akhirnya serius untuk belajar untuk mengcounter hujatan dari non islam.

Dengan belajar dari buku-buku almarhum ustadz insan mokoginta, dia terus belajar dan berdebat di Facebook hingga vakum di tahun 2013 karena kuliah.

Di tahun 2017, Yonatan Nandar kembali aktif berdebat setelah di masukan ke Group WhatsApp debat lintas agama dengan tema diskusi debat islam dan kristen tetapi belum masuk ke YouTube.

Pada tahun 2019 nandar serius dengan belajar bahasa ibrani karena terinspirasi oleh Ustad Menachem Ali, salah satu ustadz yang ahli dibidang bahasa-bahasa semitik.

Yonatan Nandar aktif di YouTube sejak tahun 2020 dengan mengunggah konten dengan tema mengkritik al kitab agama kristen.


Biodata Yonatan Nandar:
Nama Lengkap :  Endang Sunandar
Tempat/Tanggal Lahir :  Indramayu, Jawa barat/ 1993
Tahun Aktif :  2013
Agama :  Islam
Pekerjaan :  Youtuber, Pengacara
Medsos :  Instagram:@Yonatan_nandar, YouTube : Yonatan Nandar, TikTok : Yonatan_Nandar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close