Notification

×

Iklan

Iklan

Festival Kambing 2024 Digelar di Lapangan Desa Lumbir

Rabu, 07 Agustus 2024 | Agustus 07, 2024 WIB Last Updated 2024-08-07T03:02:52Z
Banyumas24jam - Pemerintah Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas akan menggelar Festival Kambing 2024, yang digelar di Lapangan Desa Lumbir Kamis 8 Agustus 2024 besok. Hal tersebut dilakukan untuk mewujudkan “branding” Kecamatan Lumbir sebagai Sentra Peternakan Kambing di Kabupaten Banyumas.

Camat Lumbir, Susanti Tri Pamuji mengatakan Pemerintah Kecamatan Lumbir bersama Pemerintah Desa terus melakukan berbagai upaya yang berorientasi pada peningkatan perekonomian, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

Salah satunya yaitu melalui Program Ketahanan Pangan Hewani dengan pemberian hibah hewan ternak kambing yang diberikan kepada masyarakat atau kelompok ternak melalui Anggaran APBDes di masing-masing desa.

“Festival Kambing ini sebagai evaluasi dan akan menumbuhkan semangat serta motivasi masayarakat peternak kambing dalam menungkatkan budidaya dan pembibitan kambing khususnya jenis Peranakan Etawa (PE) dan Jawa yang bermutu dan meningkatkan iklim berusaha dalam dunia peternakan dengan memanfaatkan bibit unggul,” katanya Rabu 7 Agustus 2024.

Santi menambahkan bahwa Festival Kambing besuk berupa Kontes Kambing jenis Peranakan Etawa dan Jawa dengan target peserta minimal 200 kambing, hingga 400 kambing.

“Kriteria kambing yang mengikuti festival antara lain anakan (calon pejantan PE dan Jawa tinggi badang dibawah 65 cm. Calon penjantan tinggi badan 66-80 cm. Pejantan dengan tinggi badan diatas 81 cm. Demikian juga ukuran untuk anakan, calon betina dan kambing betina (indukan),” lanjutnya.

Kegiatan ini terbuka bagi para peternak kambing se Kecamatan Lumbir. Untuk meramaikan kegiatan Festival Kambing 2024, sekaligus digelar Bazar UMKM dan Pelayanan Mall Pelayanan Publik (MPP) Keliling.

“Pada kegiatan ini juga kami rangkai dengan Bazar UMKM, agar pelaku UMKM bergerak untuk mempromosikan dan memasarkan produk mereka. Serta masyarakat yang membutuhkan berbagai pelayanan publik dapat dapat berkunjung di Mall Pelayanan Publik Keliling,” katanya

Mantan Kepala Desa Dermaji, Bayu Setyo Nugroho (49), menyatakan kesiapan untuk ikut meramaikan festival. Ia telah menyiapkan seeskor kambing jantan perankan etawa (PE).


Sumber: Humas Pemkab Banyumas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close