Notification

×

Iklan

Iklan

Kabar Duka!! Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas meninggal dunia

Jumat, 12 Juli 2024 | Juli 12, 2024 WIB Last Updated 2024-07-12T06:20:37Z
Banyumas24jam - kabar duka datang dari salah satu ustadz salafi senior Indonesia, yaitu Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas rahimahullah. Ustadz Yazid meninggal dunia pada hari kamis, 11 Juli 2024. Beliau meninggal setelah pulang dari ibadah haji tahun ini.

Al ustadz Yazid Jawas terkenal dengan ketegasannya dan keistiqomahannya dalam berdakwah. Beliau selalu mendakwahkan Tauhid, Aqidah, dan Manhaj. Beliau merupakan pemateri kajian di radio Rodja atau Rodja TV. Sebelum ada Rodja TV beliau berdakwah di Yayasan Al Sofwa Jakarta.

Awal perjalanan dakwah beliau di Indonesia terbilang cukup panjang. Beliau pernah berjuang berdakwah mulai tahun 90an. Beliau bersama para ustadz salafi yang lain semisal ustadz Muhammad ummar As sewwed, ustadz Ja'far Umar Thalib, Ustadz Dzulqarnain Sanusi berjuang di Laskar Jihad.

Yazid muda tercatat sebagai lulusan LIPIA dan merupakan murid dari Abdur Razaq bin Abdul Muhsin al-Abbad rahimahullah, seorang guru besar dari Universitas Islam Madinah. Ustadz Yazid diketahui juga pernah berguru kepada Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah, seorang 'ulama besar di Saudi arabia.

Sebelum meninggal dunia, beliau merupakan dai senior rodja bersama ustadz Abdul hakim bin amir abdat. Mereka berdua terus mendakwahkan manhaj salaf di Indonesia.

Kontroversi

Dakwah beliau yang terkenal dengan tegas dan dianggap keras menjadikan pernyataan beliau menimbulkan pro dan kontra. Karena beliau selalu mengkritik amalan kebanyakan kaum muslimin di Indonesia yang mayoritas Nahdlatul Ulama (NU).

Bahkan dalam buku beliau "Mulia Dengan Manhaj Salaf", Ustadz yazid pernah mengatakan bahwa Al Asyari dan Al Maturidi yang notabene 'ulama rujukan NU bukan termasuk Ahlusunnah Waljamaah.

Sehingga menimbulkan reaksi dari tokoh NU salah satunya Habib Rizieq Shihab. Yang paling terakhir kajian beliau pernah dibubarkan oleh Banser karena menurut banser kajian beliau menjadikan umat terpecah.

Biografi Ustadz Yazid bin Abdul Qodir Jawas:
Nama Lengkap : Yazid
Tempat/Tanggal Lahir: Karanganyar, Kebumen, 1963
Meninggal : Bogor, Jawa Barat, 11 Juli 2024 (umur 60–61)
Agama : Islam
Pekerjaan : Pendakwah
Almamater: Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud, Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) Jakarta
Karya : Prinsip dasar Islam: menurut al-Qur-an dan as-sunnah yang shahih (2008), Mulia dengan Manhaj Salaf (2008), Dzikir pagi dan petang dan sesudah shalat fardhu menurut Al-Qur'an dan As-Sunnah yang shahih (2005), Syarah Aqidah Ahl al-Sunna wa al-Jama'ah (2015)dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close