Notification

×

Iklan

Iklan

11 Berkas wajib yang harus dipersiapkan bagi pelamar kerja

Selasa, 23 Juli 2024 | Juli 23, 2024 WIB Last Updated 2024-07-23T04:15:04Z
Banyumas24jam - bagi anda yang baru lulus sekolah maupun kuliah dan berencana melamar pekerjaan baik di instansi pemerintah, swasta atau di perusahaan sebaiknya mempersiapkan beberapa berkas yang diperlukan.

Hampir semua instansi pemerintah, swasta atau di perusahaan mensyaratkan berkas pekerjaan yang lengkap guna keperluan bagi pemberi kerja mengetahui portofolio pelamar kerja. Lalu apa saja yang perlu dipersiapkan bagi para calon pelamar kerja.

Berkas wajib yang harus dipersiapkan bagi pelamar kerja


1. Surat Lamaran Kerja
Surat lamaran kerja merupakan hal yang harus ada di dalam berkas lamaran kerja yang kita ajukan baik ke instansi maupun perusahaan. Surat lamaran bisa berupa tulis tangan maupun ketik di microsoft word. Selain hardfile, instansi pemerintah, swasta atau di perusahaan sekarang bisa kirim soft file lemat E-mail.

2. Curriculum Vitae (CV)
Selain surat lamaran kerja, yang harus ada sebagai pelengkap berkas lamaran adalah Curruculum Vitae, atau Daftar Riwayat Hidup. CV berisi tentang data diri lengkap kita, dari nama, tanggal lahir, riwayat pendidikan, riwayat kerja sampai riwayat penyakit kita pun harus ditampilan di Curriculum Vitae kita.

3. Identitas Pribadi
Identitas pribadi juga harus ada untuk kelengkapan berkas. Identitas Pribadi yang biasanya dibutuhkan adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

4. SKCK
SKCK atau Surat Kelakuan Baik dari Kepolisian juga merupakan hal yang dibutuhkan untuk kelengkapan berkas lamaran kerja kita. Dengan kita mempunyai SKCK adalah sebagai bukti bahwa kita tidak pernah tersandung kasus kriminal. SKCK pembuatannya di polsek atau polres setempat.

5. Pas Foto
Pas foto terbaru juga perlu dipersiapkan sebagai kelengkapan berkas lamaran. Pas foto dengan background atau latar belakang berwarna baik merah maupun biru dengan ukuran 3x4 atau 4x6 biasanya selalu dilampirkan dengan berkas lamaran yang lainnya.

6. Ijazah dan Transkrip Nilai
Yang tak kalah pentingnya adalah ijazah dan transkrip nilai. Kalau bentuknya fotocopy ada beberapa perusahaan yang mensyaratkan dengan legalisir dari sekolah atau tempat kuliah.

7. Sertifikat Pendukung
Sertifikat pendukung biasanya akan menjadi nilai tambah bagi perusahaan. Sertifikat ini bisa berupa pelatihan, atau kalau bagi tenaga medis adalah sertfikat STR, STRA, BTCLS, ACLS harus ada.

8. Surat Kesehatan dari Dokter
Surat keterangan sehat juga biasanya diperlukan oleh perusahaan tempat kita melamar kerja. Surat keterangan dokter berguna sebagai keterangan bahwa pelamar kerja sehat jasmani maupun rohani. Bisa juga surat keterangan sehat berupa surat keterangan bebas narkoba.

9. Sertifikat Vaksin Covid 19
Di masa pasca covid 19, banyak instansi pemerintah, swasta atau di perusahaan mensyaratkan pelamar kerja sudah harus melakukan vaksin covid baik vaksin, 1,2 atau 3.

10. Portofolio
Portofolio juga diperlukan bagi pelamar kerja. Portofolio biasanya diperlukan bagi lowongan kerja yang sifatnya teknis, misal lowongan kerja desain grafis, web developher, programmer, video editor dll.

11. Surat Pengalaman Kerja
Surat pengalaman kerja adalah bukti untuk perusahaan bahwa pelamar pernah berpengalaman kerja di perusahaan yang lain.

11 Kelengkapan berkas diatas tersebut sebaiknya bisa kita persiapkan dalam bentuk softfile maupun harcopy. Karena setiap instansi pemerintah, swasta atau di perusahaan akan berbeda dalam mensyaratkan pengiriman berkas.

Ada yang mensyaratkan harus hardcopy atau berkas kirim langsung ada juga yang melalui e-mail, jadi kita harus mempersiapkan dua-duanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close