Notification

×

Iklan

Iklan

Sejarah yang ada dibalik Tugu Batu Prompong

Rabu, 17 Agustus 2022 | Agustus 17, 2022 WIB Last Updated 2022-08-17T15:52:05Z
Sejarah yang ada dibalik Tugu Batu Prompong
Sejarah yang ada dibalik Tugu Batu Prompong- Jika kita melewati salah satu desa di kecamatan baturraden, yaitu desa Prompong atau Kutasari, pasti kita akan melewati salah satu tugu. Ya, itu adalah tugu batu prompong. Tugu yang terletak ditengah jalan persimpangan atau pertigaan, ke timur menuju ke desa pabuwaran, bisa juga ke jalan utama menuju Objek Wisata baturraden, jika ke selatan maka adalah jalur ke kota purwokerto, dan jika lurus ke utara maka kita akan menuju jalan baturaden barat. Tugu Batu Prompong terletak di Jl. Mochammad Besar, nama yang diambil dari salah satu pahlawan desa prompong.

Tugu batu yang berdiri kokoh ini dibuat dengan tujuan untuk mengenang perjuangan pahlawan di desa Prompong. Tugu ini dibangun oleh eks tentara pelajar IMAM (Indonesia Merdeka atau mati) saat mengusir penjajah yang ingin kembali mengusai Indonesia.

Pasukan Pelajar IMAM merupakan gagasan pemuda Soeparto, seorang pelajar kelas 3 SMP yang mengumpulkan kawan-kawannya yang bersimpati dengan perjuangan untuk membentuk satu pasukan pelajar bersenjata bersama BKR untuk mempertahankan kemerdekaan.

Pertempuran di Prompong pecah pada keesokan harinya sekitar pukul 07.00 WIB. Pertempuran antara pasukan pelajar IMAM dengan penjajah terjadi secara tiba-tiba. Pasukan pelajar IMAM yang dipimpin oleh Mochammad Besar.

Pesawat pengintai (capung) dan satuan-satuan lapis baja menyerang Dusun Prompong dari arah selatan. Satu kolone (barisan tentara yang diatur sebagai lajur) menyusuri sungai kecil sebelah timur desa dan kolone lainnya masuk melalui kebun jagung dan jalan desa. Mereka menyelinap tanpa sekalipun mengeluarkan suara tembakan sebelum menyerang.

Tentara Belanda yang masuk membuka serangan masuk desa, sehingga terjadilah tembak-menembak yang sangat sengit dalam satu desa. Mereka harus menghadapi kondisi dan situasi yang begitu mendadak.

"Pada pagi itu terjdi pertempuran sengit di selatan masjid, beberapa korban ada dari tentara pelajar IMAM dan ada dari warga sipil.

Namun nahas, jumlah pasukan dan senjata pasukan pelajar IMAM kalah dari musuh. Pasukan IMAM berlahan mundur dengan membawa serta korban. Termasuk pemimpin mereka Mochammad Besar dan Soeparto anggota Kompi Koesworo yang juga berasal dari IMAM serta dua korban dari Hizbullah dan tiga penduduk desa yang ikut gugur.

Dalam pertempuran tersebut, sangat terasa sekali betapa tidak berdayanya persenjataan pasukan RI yang kalah dibanding pasukan musuh. Usai pertempuran, pasukan RI mulai bergeser dari Prompong ke utara dan sebagian lagi ke arah barat.

Sebagai bentuk penghormatan untuk mengenang gugurnya para pahlawan dalam pertempuran Prompong. Maka keluarga besar IMAM membangun 'Monumen Prompong' di pertigaan jalan raya antara Purwokerto-Baturraden ini.

Sumber : Detik.com

Data diatas diposting/update pada 17 Agustus 2022 dan bisa berubah sewaktu-waktu tanpa sepengetahuan Kami. Apabila Anda pemilik atau karyawan/pegawai dari Tugu Batu Prompong dan ingin mengubah, menghapus, atau menambahkan data diatas silahkan ke halaman Kontak Kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close